FocusWriter, Ketika Kita Ingin Konsentrasi dan Fokus Mengetik

Berbagai pekerjaan saat ini menuntut untuk diselesaikan dengan ketik-mengetik di depan komputer. Apakah itu untuk membuat sebuah laporan, artikel, berita atau lain-lainnya. Ada saatnya kita ingin konsentrasi dan fokus hanya pada mengetikkan kata-kata dengan layout sederhana di Aplikasi komputer Pengolah kata (Wordprocessing). Terasa sangat berlebihan jika menggunakan aplikasi Pengolah Kata bawaan paket Office (LibreOffice Writer atau Microsoft Words) yang fasilitasnya sangat lengkap. Untuk itu saya menggunakan FocusWriter. Seperti tulisan ini, yang diketik dengan FocusWriter terlebih dahulu sebelum diupload ke blog ini.

FocusWriter memiliki berbagai kelebihan. Tampilannya yang sederhana, di mana toolbar dan menu otomatis disembunyikan ketika tidak dibutuhkan, hal ini mengurangi gangguan ketika kita ingin konsentrasi dan fokus hanya mengetik. Tentu saja kita harus menghapalkan beberapa shortcut yang penting dalam pengetikan seperti Ctrl+B untuk menebalkan huruf, Ctrl+I untuk membuat huruf miring, Ctrl+S untuk menyimpan dokumen dan sebagainya.

FocusWriter bisa didownload dengan bebas di websites-nya dan tersedia di berbagai Distro Linux, Windows bahkan Mac.

Khusus untuk Pengguna Linux Mint, kita dapat menginstall FocusWriter langsung dari Software Manager, tapi pastikan terkoneksi ke internet.

Selamat menggunakan FocusWriter dan semakin fokus membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat.